0
Yuuk kita ngaji lagiii…by Admin SD 02on.Yuuk kita ngaji lagiii…Bismillahirrohmanirrohim… Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokaatuh… Sahabat Ashfia yang sholih-sholihah.. Alhamdulillah, kita masih mendapatkan bimbingan dari Alloh swt. Kita masih diberikan kesempatan untuk menimba ilmu agama. Nah, tepatnya pada hari Sabtu 27 Januari 2018 kemarin, sekolah kita tercinta bersama dengan komite sekolah kembali mengadakan pengajian yang dihadiri oleh seluruh orang tua siswa mulai dari kelas 1 […]

Bismillahirrohmanirrohim…

Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokaatuh…

Sahabat Ashfia yang sholih-sholihah..

Alhamdulillah, kita masih mendapatkan bimbingan dari Alloh swt. Kita masih diberikan kesempatan untuk menimba ilmu agama. Nah, tepatnya pada hari Sabtu 27 Januari 2018 kemarin, sekolah kita tercinta bersama dengan komite sekolah kembali mengadakan pengajian yang dihadiri oleh seluruh orang tua siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Subhanalloh… ghirohnya luar biasa lhoo! Terlihat dari banyaknya wali murid yang hadir. Mungkin karena mau ada sosialisasi 5 hari sekolah, jadi semangatnya bertambah.

Yuuk kita simak isi pengajian yang disampaikan oleh ustadz Sudarto, Lc. Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan bahwa pada dasarnya anak itu merupakan :

  1. Nikmat dari Alloh swt.

Hal ini dijelaskan dalam QS. Asy-Syura : 49 “ milik Alloh-lah kerajaan langit dan bumi. Dia menciptakan apa yang dikehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki “.

  1. Anak adalah amanah yang akan ditanya kepemimpinannya.

(HR. Bukhori no. 893 dan Muslim no. 1829)

  1. Anak adalah amal usaha.

Anak amal usaha orang tua, menjaga anak agar tetap fitrah, mengasuh dan mendidik anak dengan baik. (QS. At-Tahrim : 6). Ayoo.. dibuka Al-Qur’an terjemahnya yaa!

Beliau juga menyampaikan tentang tipologi anak dalam islam dan membaginya menjadi 3 :

  1. Anak sebagai perhiasan dan kenikmatan kehidupan dunia. (QS. Al-Imron : 14)
  2. Anak sebagai penyejuk dan penentram hati. (QS. Al-Furqon : 74)
  3. Anak sebagai musuh. (QS. At-Taghobun : 14)

Selanjutnya disampaikan pula tentang urgensi anak sholih bahwa :

  1. Keberkahan dikehidupan dunia adalah sebagai kebahagiaan orang tua, bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Keberkahan dikehidupan akherat. Anak menjadi tabungan pahala dan meninggikan derajat.

Sehingga mendidik anak harus secara integral baik iman, aqidah, akhlak, pemikiran dan fisiknya.

Sebagai penutup, beliau mengajak para orang tua agar lemah lembut dan kasih sayang, memberi keteladanan, nasehat, adil dan mencarikan teman yang baik. Tak lupa pula harus memperhatikan bakat dari anak-anaknya. Ayoo siapa yang punya bakat positif?? Bisa dikembangkan disekolah kita tercinta. Oke..! semoga bermanfaat. (U.Sariman)

Author: 

Related Posts

 

Leave a Reply