0
PELATIHAN PSIKOEDUKASI KERJASAMA CSR PERTAMINAby Admin SD 02on.PELATIHAN PSIKOEDUKASI KERJASAMA CSR PERTAMINAAlhamdulillah, pada Hari Kamis, 23 November dan 24 November terselenggara Pelatihan Psikoedukasi di Pertamina UP IV Cilacap. Adapun isi Pelatihan ini sangat luar biasa karena dalam pelatihan ini diisi dengan materi penanganan bullying, kenakalan pada anak dan cara mengatasinya. Dari materi tersebut disamapikan juga oleh narasumber yang sangat berkopenten dalam hal –hal tersebut, adapun narasumber […]

Alhamdulillah, pada Hari Kamis, 23 November dan 24 November terselenggara Pelatihan Psikoedukasi di Pertamina UP IV Cilacap. Adapun isi Pelatihan ini sangat luar biasa karena dalam pelatihan ini diisi dengan materi penanganan bullying, kenakalan pada anak dan cara mengatasinya.

Dari materi tersebut disamapikan juga oleh narasumber yang sangat berkopenten dalam hal –hal tersebut, adapun narasumber tersebut adalah :

  1. Teguh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap
  2. Nolly dari Citra Cilacap
  3. Ibu Raras dari BNN (Badan Narkotika Nasional –Cilacap)
  4. Ibu Reny (Psyholog dari RSUD ) yang sudah tidak asing bagi kita.

 

Dari berbagai narasumber yang ada, semua sangat menarik, karena  informasi dan ilmu yang luar biasa. Mengapa bisa demikian, karena materi tersebut sangat berguna bagi kita yang notabene guru. Dimana kita menghadapi berbagai masalah anak baik di sekolah maupun di lingkungan rumah itu sendiri.

Dan menurut informasi dari dinas kesehatan dan dari Citra Cilacap, banyak hal yang tidak pernah kita tahu bahwa ternyata kejadian yang terjadi di luar sekitar kita sangat miris dari hal-hal yang terjadi terhadap anak-anak yang ada di luar sana akibat kejahatan dan ketidak tahuan mereka terlibat hal-hal yang kurang baik. Itu semua karena pengaruh lingkungan dan juga pengaruh gadget di jaman sekarang, yang sudah menjadi hal yang tidak asing bagi anak-anak jaman sekarang.

Menurut Pak Nolly dari Citra Cilacap, menyampaikan bahwa seandainya ada kejadian yang bisa terjadi dimana saja jika di sampaikan akan siap, memnberikan pendampingan, dan dari pihak BNN pun juga demikian.

Bahkan dari BNN secara resmi jika di minta untuk memberikan pencerahan terhadap anak-anak di sekolah tentang bahaya Narkoba, mereka dengan senang hati siap mendatangi sekolah yang meminta.

Sedangkan dari Bu Reny Psychologi ,cara belajar memberikan edukasi terhadap anak-anak yang bermasalah dengan cara kurang lebih sbb:

  1. masuk dunia anak, hingga anak yang bermasalah menerima dengan sepenuhnya
  2. menyampaikan dengan cara tidak memutuskan sendiri, tetapi membuat anak yang  paham dan membuat keputusan sendiri, setelah terjadi kesamaan pendapat dengan orangtua atau guru
  3. Bahkan bisa di ajak anak untuk bisa masuk dalam dunia mereka dengan cara photovoice (anak mengambil gambar kemudian di tanya untu menceritakan apa dan kenapa foto tersebut ?

Demikian apa yang bisa saya sampaikan dari apa yang saya dapatkan, mohon maaf sebaiknya  langsung dari pakar-pakar tersebut ke sekolah sehingga bisa bertatap muka langsung terhap ustad-ustadzah pastilah akan lebih mantap hasilnya.

Author: 

Related Posts

 

Leave a Reply