0
PASAR KELASby Admin SD 02on.PASAR KELASHay sahabat Ashfiya Adik-adik kelas 1-6 mungkin terheran-heran, hari Senin sampai hari Rabu (16-18/10/2017) menjelang istirahat, kok ada ramai-ramai di depan kelas 2 ya? Meja-meja berjejer rapih di depan kelas, anak-anak kelas 2 juga kok pada bawa makanan? Sebenarnya ada apa sih di sana? Acara apa ya sahabat Ashfiya? Cari tahu yuk! Ternyata nih sahabat, […]

Hay sahabat Ashfiya

Adik-adik kelas 1-6 mungkin terheran-heran, hari Senin sampai hari Rabu (16-18/10/2017) menjelang istirahat, kok ada ramai-ramai di depan kelas 2 ya? Meja-meja berjejer rapih di depan kelas, anak-anak kelas 2 juga kok pada bawa makanan? Sebenarnya ada apa sih di sana? Acara apa ya sahabat Ashfiya? Cari tahu yuk!

Ternyata nih sahabat, seluruh kelas 2 (A, B dan C) di SD Al-Irsyad 02 lagi mengadakan suatu kegiatan yang diberi nama “Pasar Kelas”. Loh kok diadain acara pasar kelas ustadz dan ustadzah? “Kegiatan Pasar Kelas ini masuk ke dalam materi buku tematik kelas 2 tema 3 subtema 3 pembelajaran 1” ucap Ustadzah Sartini. Cara belajar yang asyik ya sahabat, belajar dengan langsung mempraktekannya.

Kalau yang didaganginnya apa aja saja ya? Jangan salah ya sahabat, banyak banget barang jajanan yang dijual oleh adek-adek kelas 2. Ada yang jualan agar-agar, pudding, nasi rames, nasi goreng, mie goreng, kue, jus, es lilin dan masih banyak jenis-jenis jajanan yang lainnya. Harganya juga murah loh, semua jajanan tidak ada yang harganya sampe Rp 4.000,00. “Semua barang  dagangan yang dijual berkisar harga Rp 500,00 sampe Rp 3.000,00” kata Ust Kaliyah. Makanannya enak-enak harga murah-murah juga. Makanya ni sahabat pas waktu istirahat meja-meja udah bersih, karena semua daganganya laris manis.

Anak-anak kelas dua semuanya antusias dan senang dengan kegiatan pasar kelas ini. Seperti yang dikatakan Kayla kelas 2C “Senang dengan kegiatan pasar kelas, karena bisa dapet uang”. Cie yang udah bisa dapet uang sendiri ni adek-adek kelas 2 nya. Katanya nih ya sahabat, uang-uang yang udah didapat ada yang ditabung, ada juga yang dipakai untuk jajan lagi. Pokoknya selamat atas kesuksesan kegiatan “Pasar Kelas” kelas 2.

Kegiatan ini juga memiliki banyak manfaatnya loh. “Kegiatan ini memiliki manfaat untuk menambah keterampilan anak dalam menghitung uang” jelas Ustadzah Eri. Kegiatan ini juga sebagai sebagai latihan langsung dalam menghitung uang serta melakukan jual beli.

Bagaimana ini para adek-adek kelas 2, kegiatan jual belinya bikin capek apa tidak ya? Acara ini seharusnya bisa menjadi pengingat kita kepada pengorbanan orang tua yang banting tulang mendapatkan uang untuk biaya sekolah kita. Jangan sampe mengecewakan orang tua kita yang udah bekerja ya adek-adek.. Ayo bahagiakan orang tua dengan belajar yang baik serta menjadi anak yang sholeh dan sholehah

Author: 

Related Posts

 

Leave a Reply